Hal-Hal yang Mesti Dipandang Dikala Memilih Penyedia Layanan Cloud

image

Di zaman kini ini, beberapa besar perusahaan, bagus IT, konstruksi, kesehatan, akun, atau keuangan, beralih ke cloud. Bisnis sudah menyadari kesanggupan komputasi awan dan manfaat yang ditawarkannya. Tetapi, memigrasi segala cara kerja bisnis ke cloud memerlukan penelitian dan pertimbangan yang menyeluruh. Di antara seluruh aspek, memilih Penyedia Layanan Cloud (CSP) mungkin yakni komponen paling kompleks dari keseluruhan cara kerja transisi ke cloud. Dari stabilitas daya kerja sampai penyesuaian, pelbagai unsur tergantung pada opsi penyedia layanan Anda. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memikirkan banyak hal dalam pelaksanaan memilih penyedia layanan cloud.

Berikut merupakan sebagian unsur yang wajib Anda pertimbangkan ketika memilih cloud server:

Pengontrolan Sentra Data

Sentra data wajib disiapkan di lokasi yang berbeda. Dalam situasi normal, ini memungkinkan Anda untuk menerapkan layanan dari sentra data terdekat, yang memungkinkan jaringan latensi-terkecil. Bila terjadi gangguan pada sentra data sebab alasan yang berbeda seperti badai, sentra data yang berlokasi secara terpisah akan memungkinkan kelangsungan layanan. Jadi, penting untuk memahami seberapa kuat dan andal jaringan sentra data dari penyedia layanan cloud.

HPC

Operasi zaman modern tak memungkinkan kemewahan menunggu. Dikala Anda berprofesi dengan banyak pengguna, yang dapat menjadi staf dan klien Anda, Anda tak berharap menghadapi persoalan performa. Di situlah server High-Performance Computing (HPC) diperlukan. Ini memberdayakan daya kerja yang kuat dan real-time malahan dengan aplikasi berat dan banyak pengguna yang berprofesi secara berbarengan di server yang sama. Jadi, pastikan bahwa penyedia cloud yang Anda pilih, menggunakan server HPC di arsitektur cloud untuk menentukan performa yang maksimal.

Cadangan

Hampir tiap-tiap penyedia layanan menawarkan fasilitas backup data. Tetapi, sejauh mana atau seberapa pesat pengerjaan pencadangan memainkan peran penting dalam menolong Anda memilih penyedia layanan cloud. Tak ada gunanya memecahkan fasilitas backup yang tak setidaknya vps murah 50 ribu membackup data tiap hari. Beberapa besar penyedia layanan terkemuka, menawarkan cadangan selama 100 hari. Mereka malahan wajib mempunyai pilihan khusus untuk memperpanjang durasi ini atas permintaan Anda. Kecuali itu, keamanan pengerjaan pencadangan dan metode memulihkannya ketika dibutuhkan yaitu pertanyaan lain yang seharusnya Anda tanyakan.

BCDR

BCDR yakni Business Continuity dan Disaster Recovery. Ini memperlihatkan kecakapan penyedia layanan untuk memulihkan layanan hosting sesudah gangguan sebab seluruh tipe momen yang mengganggu seperti petaka alam. CSP seharusnya bisa mengidentifikasi tipe risiko yang bisa menghalangi cara kerja bisnis dan menentukan prosedur untuk menguranginya. Replikasi data di bermacam spot dan redundansi infrastruktur di beragam jenjang yaitu sebagian elemen lain yang mencerminkan standar BCDR penyedia. Ini ialah fitur penting dari layanan cloud hosting apa malah, dan Anda tak perlu menginginkan tarif khusus untuk itu.